Khasiat Tanaman Rambutan

Khasiat Tanaman Rambutan

R ambutan adalah salah satu tanaman yang multi guna selain dapat dikonsumsi buahnya tetapi semua bagian dari tanaman ini, dari kulit, daun, biji, sampai akar, dapat berfungsi sebagai obat demam, uban, disentri, sariawan, sampai kencing manis, bisa luntur dengan ramuan yang tepat. Bagian tanaman yang bermanfaat : kulit buah, kulit kayu, daun, biji, dan akarnya.

Detail manfaatnya adalah sebagai berikut :
Kulit buah: untuk mengatasi disentri, demam
Kulit kayu: untuk mengatasi sariawan
Daun: untuk mengatasi diare dan menghitamkan rambut
Akar: untuk mengatasi demam
Biji: untuk mengatasi kencing manis (diabetes melitus)

Pemakaian :

Disentri.
Cuci kulit buah rambutan (10 buah), potong-potong seperlunya. Tambahkan 3 gelas minum air bersih, lalu rebus sampai menjadi 1 gelas, minum 2 x sehari.

Demam.
Cuci kulit buah rambutan yang telah dikeringkan (15 g). Tambahkan 3 gelas air bersih, lalu rebus sampai mendidih selama 15 menit. Minum 3 x sehari.

Menghitamkan rambut beruban.
Cuci daun rambutan secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air dan aduk sampai menjadi adonan bubur. Peras dan saring dengan kain, Gunakan untuk membasahi rambut kepala. Lakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.

Kencing manis.
Gongseng biji rambutan (lima biji), lalu giling sampai menjadi serbuk. Seduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin, minum airnya sekaligus. Lakukan 1--2 kali sehari

Sariawan.
Cuci kulit kayu rambutan (tiga ruas jari), lalu rebus dengan dua gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Gunakan untuk berkumur selagi hangat.


Source : http://dhuwuh.blogspot.com/2009/01/khasiat-tanaman-rambutan.html



Related Posts by Categories :


477 comments:

SEO Newbie said... on January 22, 2009 at 8:32 PM  

Very interesting article. Glad to visit your blog again. Good Luck for you.

brand design said... on January 23, 2009 at 10:50 AM  

Info menarik baru tau kalo daun rambutan bisa buat menghitamkan rambut

hoby said... on January 24, 2009 at 10:37 PM  

Your post is very interesting, i have bookmarked your blog for future referrence

exelinca said... on February 1, 2009 at 11:21 PM  

Ternyata selain dagingnya yang manis, kulit dan batangnya juga bisa berkhasiat ya? hebat sekali buah kesukaan saya ini.

Anonymous said... on February 4, 2009 at 6:35 AM  

ada yg tau dosis daun rambutan untuk diare ga??
saya butuh bgt...
tq

sETiawAn said... on February 4, 2009 at 11:17 AM  

Untuk lebih komplitnya mungkin bisa menggunakan TAHITIAN NONI® Juice pada artikel http://dhuwuh.blogspot.com/2009/01/khasiat-tahitian-noni-juice.html , sudah multi fungsi.

tinggal dosisnya :
Anak-anak :
1. 1 sendok teh ( 2 x sehari) --> selama 3 hari
2. 2ml x berar tubuh anak. --> hari ke-4 s/d dirasa cukup. Contoh = 2ml x 15kg = 30ml atau 15ml pagi dan 15ml sore.
3. kembali 1 sendok teh ( 2 x sehari) --> selama 3 s/d 5 hari lagi tahap penyelesaian.

Dewasa :
1. 30ml --> 15ml pagi + 15ml sore ( 2 x sehari) --> selama 3 hari
2. Kebutuhan sakitnya --> 90ml / 120ml dst untuk 3 x sehari.

nur said... on February 10, 2009 at 3:00 PM  

wah saya baru dnger khasiat tanaman rambutan....info yg bagus bwt smua.....^_^

Wisata Seo said... on April 11, 2009 at 12:21 AM  

Nanya dikit mas dhuwuh, maksudnya gongseng itu apa ya? serius saya gak ngerti arti katanya.

Wisata SEO Sadau said... on May 18, 2009 at 11:02 PM  

Wah gile bener ya rambutan, mulai dari kulit, akar, biji smua ada gunanya.

wisata seo sadau said... on June 12, 2009 at 3:09 AM  

Kalau untuk sariawan pas lg kumur2nya pedih ga ya?
Hebat jg ni tanaman, kirain tanaman buah doank.

Saung Bisnisku said... on June 28, 2009 at 2:02 AM  

Infonya boleh juga nih.. baru tahu.. padahal aku punya 2 pohon tuh.. makasih ya..

Download Movie Free said... on July 25, 2009 at 1:10 AM  

Wah, saya baru tahu nih informasi yang seperti ini. Thank's bos infonya bagus sekali.

Dudy Adityawan said... on July 25, 2009 at 2:34 AM  

Wah ternyata banyak sekali khasiat dari buah ini, berarti gak nyesel selama ni makan buah ini. hehehhehe :)

Blogger Indonesia said... on August 11, 2009 at 7:42 PM  

Hem baru tau nih kalo tanaman rambutan bisa bermanfaat seperti itu..

mengembalikan jati diri bangsa said... on August 20, 2009 at 7:24 PM  

udah lama ga musim rambutan ya sob..
ternyata banyak juga ya manfaat buah rambutan ini
tHQ

alex said... on August 26, 2009 at 1:20 AM  

tulisan yang menarik, ternyata rambutan banyak manfaatnya juga baru tau.... :)
infonya mantaf mas, thanks

stop dReAming Start ActioN said... on August 26, 2009 at 2:58 PM  

makasih tipsnya. Memang ternyata banyak tumbuh2an disekitar kita yg bisa untuk obat

stop dreaming start action said... on September 2, 2009 at 11:16 AM  

ternyata rambutan banyak kasiatnya ya.. boleh juga tuh referensi sewaktu-waktu terkena pemnaykit demam dan disentri thanks infonya bos

properti said... on October 7, 2009 at 8:20 AM  

nggak nyangka manfaatnya banyak banget, kirain hanya buahnya saja yang bermanfaat, thank kang dhuwuh atas infonya

Free Antivirus Download said... on October 9, 2009 at 6:44 PM  

Wah ternyata banyak juga manfaat buah yang satu ini. Makasih mas atas sharenya.

usb wifi said... on October 19, 2009 at 1:11 AM  

artikel yang bermanfaat buat kesehatan, ternyata rambutan bisa mengobati beberapa penyakit.

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang said... on November 1, 2009 at 3:57 PM  

wah.. thanks atas infonya mas..
malah ga tau kalo ternyata tanaman rambutan jg ada khasiatnya...

computermdbismarck.com said... on January 9, 2010 at 11:12 PM  

Btw itu gimana cara cara cari kulit kayunya tuh buat sariawan, terus diapain kulitnya?

Fanto Chandra said... on January 9, 2010 at 11:16 PM  

Mantep nih.. dari akar sampe daun dipake semua.. saya mah doyan buahnya aja..

Bakudas said... on January 9, 2010 at 11:20 PM  

Saya bookmark dulu ah blog ini. memberikan info yang baik. Thanks.

Online Business Guide said... on January 22, 2010 at 1:14 PM  

wah,baru tahu saya ni,tahunya rambutan ya buat dimakan biasa aja. makasih ni sharingnya.mantap

Double Strike Column - Interesting Widget said... on February 8, 2010 at 11:47 PM  

Suitable Blogger Templates with interesting style that are for the bloggers who want to place attractive widget on the right or left side of the front display their favorite blogs

Air minum isi ulang said... on February 12, 2010 at 4:47 PM  

Wah ternyata kulit rambutan bisa untuk obat demam ya, saya baru tau..
Terima kasih informasinya, sangat berguna sekali...

Narutopedia Manga Chapter - Full Preview Naruto Series said... on February 26, 2010 at 9:20 AM  

Read Online Manga Naruto complete series along with updated chapters each week and downloaded freely to determine the plot of the exciting

Kristopher Tarush said... on April 21, 2010 at 2:53 PM  

Waaah, ketinggalan nech. Yang ku tau buah rambutan enak, eeee... ternyata banyak juga manfaatnya. Makasih infonya, bagus banget.

poetra anoegrah said... on June 2, 2010 at 10:53 PM  

wah ... coba yang buat obat sariawan deh ..
kebetulan juga lagi sariawan neh .....
makasih ....

Kamar bujang said... on July 5, 2010 at 1:05 AM  

Numpang nitip lapak y gan/sis..
Smua info yg u cri, mlai dr jokes, true story, info gadget, app java n komp, modifikasi sony ericsson J105 naite, sprti : full akses k naite, mnghdpkan radio tnpa headset, mgabass to clearbass, dll.
U jg bs mnyumbang artikel apa ja yg brmanfaat n krim email k positifadi.adm@gmail.com

Kamar Bujang|Femalepedia|Animecities|Rundomain|TrikDapatDolar|Hikaru no Fans

Kamar bujang said... on July 5, 2010 at 1:07 AM  

Numpang nitip lapak y gan/sis..
Smua info yg u cri, mlai dr jokes, true story, info gadget, app java n komp, modifikasi sony ericsson J105 naite, sprti : full akses k naite, mnghdpkan radio tnpa headset, mgabass to clearbass, dll.
U jg bs mnyumbang artikel apa ja yg brmanfaat n krim email k positifadi.adm@gmail.com

Kamar Bujang|Femalepedia|Animecities|Rundomain|TrikDapatDolar|Hikaru no Fans

Kamar bujang said... on July 5, 2010 at 1:09 AM  

Numpang nitip lapak y gan/sis..
Smua info yg u cri, mlai dr jokes, true story, info gadget, app java n komp, modifikasi sony ericsson J105 naite, sprti : full akses k naite, mnghdpkan radio tnpa headset, mgabass to clearbass, dll.
U jg bs mnyumbang artikel apa ja yg brmanfaat n krim email k positifadi.adm@gmail.com

Kamar Bujang|Femalepedia|Animecities|Rundomain|TrikDapatDolar|Hikaru no Fans

Kamar bujang said... on July 5, 2010 at 1:11 AM  

Numpang nitip lapak y gan/sis..
Smua info yg u cri, mlai dr jokes, true story, info gadget, app java n komp, modifikasi sony ericsson J105 naite, sprti : full akses k naite, mnghdpkan radio tnpa headset, mgabass to clearbass, dll.
U jg bs mnyumbang artikel apa ja yg brmanfaat n krim email k positifadi.adm@gmail.com

Kamar Bujang|Femalepedia|Animecities|Rundomain|TrikDapatDolar|Hikaru no Fans

Kamar bujang said... on July 5, 2010 at 1:13 AM  

Numpang nitip lapak y gan/sis..
Smua info yg u cri, mlai dr jokes, true story, info gadget, app java n komp, modifikasi sony ericsson J105 naite, sprti : full akses k naite, mnghdpkan radio tnpa headset, mgabass to clearbass, dll.
U jg bs mnyumbang artikel apa ja yg brmanfaat n krim email k positifadi.adm@gmail.com

Kamar Bujang|Femalepedia|Animecities|Rundomain|TrikDapatDolar|Hikaru no Fans

Kamar bujang said... on July 5, 2010 at 1:17 AM  

Numpang nitip lapak y gan/sis..
Smua info yg u cri, mlai dr jokes, true story, info gadget, app java n komp, modifikasi sony ericsson J105 naite, sprti : full akses k naite, mnghdpkan radio tnpa headset, mgabass to clearbass, dll.
U jg bs mnyumbang artikel apa ja yg brmanfaat n krim email k positifadi.adm@gmail.com

Kamar Bujang|Femalepedia|Animecities|Rundomain|TrikDapatDolar|Hikaru no Fans

asazi said... on July 7, 2010 at 11:33 AM  

hmm... ternyata banyak ya manfaatnya :D bagus nih, tambah wawasan

http://fit.uii.ac.id

pay per lead said... on July 14, 2010 at 8:06 AM  

wah banyak juga ya manfaatnya, untungnya saya punya pohon rambutan dirumah

Cerita Dewasa said... on September 15, 2010 at 12:26 PM  

Ternyata rambutan punya khasiat juga yah..baru tahu saya, thanks atas sharung infonya bos!

Adaptor Laptop said... on November 1, 2010 at 11:18 AM  

thats the good article

saya baru tau kalau biji rambutan ada manfaat nya

untuk kencing manis lagi

ahahaha

bener kan tuh ?

kabar islam said... on November 9, 2010 at 3:20 AM  

makasih infonya Gan, ane emang lebih demen yang kaya gini di bandingkan obat terlarang.......

cara memperbesar said... on November 10, 2010 at 10:23 AM  

Kalau untuk sariawan pas lg kumur2nya pedih ga ya?
Hebat jg ni tanaman, kirain tanaman buah doank.

kaos distro said... on December 22, 2010 at 10:05 AM  

Hmm pas banget nih khasiatnya.. sy suka makan buah rambutan...thanks mas infony

jally gamat said... on January 17, 2011 at 1:20 PM  

wah banyak juga ya manfaat nya,,,
kita cobain nih,,
langsung aja ke tkp

jelly gamat said... on January 29, 2011 at 12:59 PM  

wah ternyata khasiat rambutan itu banyak juga ya,,
aku baru tau,,
terima kasih gan sudah menambah ilmu bagi saya,,
thank

obat epilepsi said... on February 17, 2011 at 8:00 AM  

oh terny6ata selain buah nya yang mantap , ternyata seluruh tangkainya juga bisa berhasiat ya gan,, terima kasih gan buat infonya salam kenal aja gan

Obat Alami said... on February 21, 2011 at 9:07 AM  

Wah, bisa juga dibikin shampo, ya? udah nyobain belum, Gan? Kira-kira kalo diproduksi, ada yang mo beli gak, ya? :)

stroke ringan said... on March 10, 2011 at 8:10 AM  

kalau ini perlu d copy..kebanyakan orang kalau sakit sering datang ke dokter dengan biaya yg lumayan mahal. sebenarnya masih banyak alternatif lain dalam proses penyembuhan.dengan biaya ngga terlalu mahal, thanks sobat atas infonya

gempa tsunami jepang said... on March 12, 2011 at 10:19 PM  

tapi kenapa ya, kalao saya dan keluarga tidak begitu mempan dengan obat tradisional. baik racikan sdiri maupun sdh bentuk jamu. apa sugesti bisa mempengarungi pengobatan?

Training Ahli K3 Umum said... on March 14, 2011 at 2:55 PM  

emang deh segala macam yang di ciptain tuhan ga ada yang sia2, semua penuh manfaat

obat kelenjar getah bening said... on March 26, 2011 at 9:02 AM  

ternyata selain buah nya juga tangki sampai daun nya juga banyak juga ya manfaat nya makasih gan buat infonya

XAMthone plus said... on May 19, 2011 at 8:19 AM  

wah mantap sekali nih informasinya, kebetulan saya lagi menderita penyakit sariawan , makash banyak gan buat infonya

Obat alami batu ginjal said... on May 27, 2011 at 10:51 AM  

ternyata tanaman rambutan itu banyak juga yah manfaat nya, makasih banyak ya gan

XAMthone plus said... on June 8, 2011 at 9:58 AM  

keren sekali nih informasinya , ternyata banyak juga khasiat yang terkandung dalam rambuatan itu, makasih banyak ya gan, semoga bermanfaat gan

Balinese Architect said... on June 13, 2011 at 12:38 AM  

Kalo tumbuhan lain udah pernah denger, tapi tumbuhan ini saya baru tau manfaatnya.

kesehatan alami said... on June 15, 2011 at 2:03 PM  

baru tau nih kalau rambutan punya khasiat nya..

mksih ya buat info nya

Download Antivirus Artav said... on June 18, 2011 at 4:59 PM  

Wah ternyata bisa buat bantu menyembuhkan sariawan juga ya? baru tau ane...

jelly gamat said... on June 20, 2011 at 9:30 AM  

wahh ternyata banyak khasiat nya juga ya buah rambutan...
jadi tambah suka rambutan donk klo gitu...

obat tradisional darah tinggi said... on June 20, 2011 at 9:34 AM  

Selain rambutan masih ada banyak lagi buah-buahan yang berkhasiat bahkan sampai ke cangkang nya itu sangat berkhasiat...
hayo ada yang tau gak nich..??
buah manggis jawabannya

penyakit jantung said... on June 20, 2011 at 11:15 AM  

ternyata buah rambutan banyak manfaatnya juga.
makasi buat infonya,
sangat bermanfaat buat kesehatan

xamthone plus said... on June 20, 2011 at 11:17 AM  

kalau begitu gak cuman dagingnya yang di manfatin.
sampai akarnya bisa di berguna buat kesehatan.

budayakan hidup sehat

kanker hati said... on June 22, 2011 at 10:01 AM  

wiss ternyata banyak manfaatnya juga y....
kalo gtu phon kelapa ada saingannya donk,,hahaha...

obat alami wasir said... on June 23, 2011 at 8:56 AM  

wahh baru tau nih say. ternyata banyak juga hasiatnya selain kulitnya yang enak

pulsa elektrik murah said... on June 26, 2011 at 2:00 PM  

semua buah sebenarnya memiliki khasiat2 tertentu, kita belum bisa mencari tahu semuanya

obat alternatif hepatitis c said... on June 28, 2011 at 9:34 AM  

emz baru tahu nih klw tanaman rambutan berkhasiat jg.
mkzh ya bwt info'y sangt menarik sekli.

obat herbal alami stroke said... on June 29, 2011 at 11:30 AM  

dari akar smpe buah bnyak bgt manfaat tanaman ini.
minim efek samping tuh pastinya. soalnya alami bgt

gamat penyembuh gagal ginjal said... on June 30, 2011 at 3:51 AM  

Dulu tahunya rambutan bisa bikin batuk. Ternyata... manfaatnya banyak sekali.
Subhanallah

agen xamthone plus batulicin said... on July 4, 2011 at 2:13 PM  

info yg sangt bermnfaat sekli nih,,
emz memang ce q jg pernah dengar klw tnaman rambutan berkhasiat bwt mengobati penyakit...

rental dan sewa ac said... on July 7, 2011 at 12:39 AM  

bener gan, kalau di angkringan paling top tuh kopi jozz pake areng pohon rambutan, banyak manfaatnya, banyak juga peminatnya

Jelly Gamat said... on July 9, 2011 at 7:47 AM  

wah..baru tahu nich khasiat tanaman rambutan..! thanks ya..infonya bermanfaat banget..!

obat herbal stroke said... on July 9, 2011 at 10:33 AM  

wah...banyak juga yah manfaat dari rambutan....thanks juga atas info cara pemakaian nya.....

Kista Ovarium said... on July 9, 2011 at 8:39 PM  

wah ternyata rambutan juga punya khasiatnya ya..! terima kasih ya buat infonya sangat bermanfaat sekali..!

Obat Diabetes said... on July 12, 2011 at 8:17 AM  

saya senang makan rambutan. terutama rambutan binjai.
http://caramembuatblog.info
http://www.pabrikmakanan.com
http://iklangratispr.com
http://usahamodalkecilku.com
http://agenbajumuslim.com
http://waralaba-murah.com

Obat Alami Hepatitis said... on July 12, 2011 at 8:37 AM  

wah ternyata buah rambutan juga punya khasiatnya juga ya..! soalnya saya kurang begitu suka dengan rambutan...! thanks ya for info..!

Agen jelly gamat surabaya said... on July 19, 2011 at 3:25 PM  

ternyata tanaman rambutan selain enak buahnya... ternyata banyak juga manfaatnya..

mksih infonyaa!

Obat Alami infeksi saljuran kemih said... on July 21, 2011 at 10:29 AM  

ternyata bukan buah nya saja yah yang bermanfaat itu, hehe,kebetulan aku lagi sakit nih, makasih banyak atas infonya gan

Agen Jelly Gamat Solo said... on July 22, 2011 at 10:56 AM  

thank you sob atas informasinya,aku akan cobain nih buat meramu tanaman rambutan nya, heh

XAMthone plus Semarang said... on August 1, 2011 at 12:05 PM  

wah mnarik juga ya,,,
boleh di coba juga nih,,semoga bnar2 ya khasiatnya

Hire Joomla Programmers said... on August 10, 2011 at 3:09 PM  

Yes, well written article. I could find out some useful information on your blog guys. This is really useful for everyone. I love this post. Thanks for sharing it.

Agen Xamthone plus Batam said... on August 10, 2011 at 3:55 PM  

benar-benar semua yang terdapat di atau yang namanya buah rambutan,multi guna banget semuanya bisa di gunakan sebagai pengobatan..

agenzie promoter said... on August 12, 2011 at 3:45 PM  

Your weblog happens to be not just informative but also very stimulating too. I feel strongly about it and love learning more on this topic. Thanks for this post.

Cara Menjadi Agen XAMthone plus said... on August 16, 2011 at 7:24 AM  

wah ternyata banyak banget yah manfaat nya tanaman rambutan itu selain buah nya tangkainya juga bisa

obat herbal nyeri haid said... on August 16, 2011 at 3:38 PM  

tanaman rambutan ini banyak juga yah khasiatnya, sangat bermanfaat sekali gan, makasih banyak atas infonya

cara penyambuhan Diabetes said... on August 20, 2011 at 3:10 PM  

rambutan ternyata sealain enak di makan ternyata menyimpan berbagai obat.makasih ni bang informasinya

seo sydney said... on August 23, 2011 at 1:27 PM  

Your blog is awe-inspiring. I have found many new things. Your way of staging is also fascinating. You have elected very incredible topic. I appreciated it. Artikelnya bagus banget..! Thanks for it.

Mesothelioma said... on September 2, 2011 at 11:29 PM  

wah bener tuh gan, manfaatnya banyak pada Rambutan. tips ini emang harus dipublikasikan

tas artis said... on September 30, 2011 at 3:35 PM  

katanya buah rambutan mengandung banyak vitamin C ya? ternyata kulitnya pun berguna.

artikelceritagratis said... on October 6, 2011 at 10:38 PM  

buat infonya trims berat baru tahu nih kegunaan lain rambutan selain buat dimakan dan dibuat es heheheh...

foredi ambon said... on October 10, 2011 at 8:28 AM  

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

inspired magz said... on October 15, 2011 at 8:29 PM  

I love to eat rambutan. Very delicious. I plant 2 rambutan's tree in my backyard

All Bloggerz said... on October 15, 2011 at 8:36 PM  

Menghitamkan rambut beruban? I like this! :)

thanks for sharing my friend...

Pasang iklan baris gratis tanpa daftar said... on October 24, 2011 at 10:06 PM  

Lho baru tau saya rambutan banyak manfaatnya, untuk obat lagi, kebetulan ni di sini lagi musim rambutan, saya coba ahh,,tks info nya gan,,sangat menarik!!oh iya ada yang mau rambutan,,emal aja yah entar di kirim he...!!salam kenal gan,..!

Cubynet said... on November 11, 2011 at 7:58 PM  

wah ternyata rambutan tidak hanya enak dimakan ... ternyata bagian lainnya dari rambutan bisa dijadikan obat ... nice artikel

Post a Comment

"Using DOFOLLOW System. Pease don`t SPAM!!!"

Thanks To Comment My Articles. God Bless You People.

Add to Technorati Favorites

Technorati Ping To Your Blog
Including Yours E-Mail Address To Subscribe New Tricks