Khasiat Tanaman Herbal Daun Ungu

Khasiat Tanaman Herbal Daun Ungu

W arna daun ungu langsung tertuju pada wasir atau ambeien. Famili Acanthaceae itu memang mujarab mengobati penyakit akibat membengkaknya bibir anus itu. Daun ungu juga berkhasiat antiinflamasi, antiplak gigi, dan mencegah sakit ketika menopause. Wasir atau hemorrhoid merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan atau pembesaran pembuluh vena di bagian terbawah poros usus, baik di sisi dalam maupun di sisi luar anus. Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan seperti bisul berwarna merah kebiru-biruan atau kehitaman. Ada dua tipe wasir yang lazim dikenal, wasir dalam (internal hemorrhoid) dan wasir luar (external hemorrhoid). Wasir bisa disebabkan karena kurang mengkonsumsi serat. Ini mengakibatkan susah buang air besar (konstipasi), hingga penderita kerap mengejan.

Pola defekasi yang tidak teratur pun serta jarangnya olahraga menjadi faktor pememicu timbulnya wasir. Khasiat daun ungu sebagai anti-hemorrhoid sen diri dibuktikan oleh Prof dr H Sardjono Oerip Santoso dari Farmakologi FKUI. Sebanyak 9-10 gram daun ungu segar kemudian direbus dalam 2 gelas air (600 cc) sampai menjadi 1 gelas rebusan dan diminum tiap hari 1 kali. Lima hari kemudian, efek yang ditimbulkan oleh gejala hemorroid seperti nyeri, pendarahan, dan panas hilang tak berbekas. Dr JM Sugiarto memberikan bukti, Konsumsi 1 gelas rebusan daun ungu selama dua bulan berturut-turut ternyata bisa membebaskan penderita dari gangguan wasir. Berkat daun ungu, pengidap ambeien tak perlu lagi mengkonsumsi obat-obatan jenis phlebodinamic seperti radium dan daflon. Obat itu lazim diresepkan dokter untuk melancarkan sirkulasi darah di daerah anus serta menghilangkan bengkak, tonjolan, dan pendarahan. Analgesik. Sebagai analgesik pun khasiat daun ungu teruji sebagaimana ditunjukkan oleh penelitian yang dilakukan Dr drg Nur Permatasi MS, dr Umi Kalsum MKes, dan dr Nurdiana MKes dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Mereka menyatakan bahwa kandungan alkaloid dalam daun ungu mempunyai kemampuan sebagai antiinflamasi dan juga sebagai analgesik pada hewan percobaan. Efek analgesik tersebut ditunjukkan dengan terjadinya penurunan nilai ambang nyeri setelah pemberian ekstrak alkaloid pada dosis 1,5, 3, dan 6 mg/kg. Menurut trio peneliti tersebut kemampuan efek analgesik dan antiinfl amasi fraksi alkaloid dari ekstrak etanol daun ungu ampuh menurunkan nilai ambang nyeri pada dosis 3 mg/kg bobot tubuh. Itu setara dengan pemberian aspirin dengan dosis 125 mg/kg bobot tubuh. Hal ini berkat kemampuan alkaloid daun wungu dalam menghambat pembentukan prostaglandin. Penelitian yang dilakukan oleh drg Endang Wahyuningtyas MS SpPros dari Jurusan Ilmu Prostodonsia Fakultas Kedokteran Gigi UGM, menyimpulkan daun ungu bermanfaat untuk sanitasi gigi palsu. Penelitian yang menggunakan 40 sampel gigi tiruan arkrilik dibagi dalam 4 kelompok. Masing-masing kelompok diberikan konsentrasi 5%, 10%, 20%, dan 40% daun ungu dan direndam selama 15 menit. Setelah dipakai oleh pasien selama 4 jam, gigi palsu itu kemudian dibilas dan diperiksa. Hasilnya, daun ungu ampuh mencegah pertumbuhan bakteri mutan streptococcus, cendawan, dan mencegah pertumbuhan plak. Penelitian tersebut merekomendasikan bahwa pencegahan terbaik untuk menghambat plak, bakteri, dan cendawan terjadi pada konsentrasi kandungan daun ungu sebanyak 40%. Daun ungu ternyata mengandung berjuta manfaat.

info : http://www.trubus-online.co.id


Source : http://dhuwuh.blogspot.com/2009/01/khasiat-tanaman-herbal-daun-ungu.html



Related Posts by Categories :


351 comments:

Lyla said... on January 18, 2009 at 10:15 AM  

wah... aku kadang susah BAB nih... tp daunnya kyk apa ya? byk sih daun warna ungu ntar malah salah pilih lagi...

Harry Seenthings said... on January 18, 2009 at 4:49 PM  

wah makasih nih kang aku baru tahu sekarang alo daun ini berkhasiat....mampir yah

sETiawAn said... on January 19, 2009 at 4:27 PM  

@Lyla, catalogue design : untuk tips tentang pertanyaan ntuh akan saya ulaskan pada sesi "Herbal Noni Tahitian", fungsinya segala jenis keluhan dengan takaran dan dosis sesuai kebutuhan.
@Harry Seenthings : sip kang

Diana said... on February 7, 2009 at 8:49 AM  

Adakah yang menjual ekstrak daung ungu dalam bentuk kapsul atau sejenisnya? Di mana saya dapat membelinya?

kawel said... on October 10, 2009 at 10:16 AM  

jadi buat para blogger yang suka lama2 duduk depan kompi harus minum rebusan daun ungu dong :)

Triple Column Triple Optimization - Problogger Only said... on February 8, 2010 at 11:50 PM  

The Main Power of a blog in addition to visitors is the template redesign with maximum features for a blog can be said to dynamic and interesting if able to place the right blog template

Narutopedia Manga Chapter - Full Preview Naruto Series said... on February 26, 2010 at 9:29 AM  

Read Online Manga Naruto complete series along with updated chapters each week and downloaded freely to determine the plot of the exciting

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja said... on March 4, 2010 at 3:44 AM  

Exclusive Encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, handseal, jinchuriki, bijuu, akatsuki, hidden village, clan, and other shinobi skills

William Dominic said... on April 21, 2010 at 1:12 PM  

Walaupun ketinggalan gpp ahh. Daun ungu emang mujarap, aku dah buktiin. Siiip banget.

bams said... on July 22, 2010 at 10:50 PM  

posting yang sangat membantu para penderita ambeyen yang putus asa, patut dicoba

Computer Room Monitoring said... on November 9, 2010 at 1:48 PM  

Blog is interesting and motivated me a lot,
I have become a great fan of your blogs!!

cara memperbesar said... on November 10, 2010 at 10:25 AM  

Walaupun ketinggalan gpp ahh. Daun ungu emang mujarap, aku dah buktiin. Siiip banget.

biji tanaman hias said... on November 30, 2010 at 1:33 PM  

keren bangett,..... infonya mantepp banget....
membantu saya yang lagi nyari pencerahan.

Sex Chat said... on February 18, 2011 at 3:50 PM  

Visiting through out the site is really so interesting and finding some alluring information is a great thing.

obat lupus alami said... on February 21, 2011 at 8:26 AM  

ok juga ni gan,,malah aku baru tau gan, terima kasih gan buat infonya salam kenal aja gan

asam urat said... on March 15, 2011 at 11:26 AM  

hemm....ternyata indonesia itu kaya dengan tumbuhan herbal...
thank's ya gan atas infonya

Sex Chat said... on April 5, 2011 at 8:50 AM  

Thank you for sharing this information, hope you can often see after the information, get more people to useful things, continue to...

obat infeksi saluran kemih said... on April 12, 2011 at 2:33 PM  

wah ternyata daun ungu banyak juga yah manfaat nya, makasih gan buat infonya salam kenal aja gan

atus said... on April 18, 2011 at 1:37 PM  

wah siiip.... di apotik sragen sudah ada yang menjual daun ungu dalam bentuk bubuk,,, jadi tanpa perlu mencari daun ungu yang sekarang jarang ditemukan

obat nyeri haid said... on April 19, 2011 at 7:24 AM  

ternyata banyak juga khasiat daun ungu tuh , makasih banyak buat infonya salam kenal aja gan

Gold-G said... on May 5, 2011 at 8:06 AM  

terima kasih banyak gan buat infonya, saya juga sudah menemukan sendiri khasiatnya,

DIABETES MELLITUS said... on May 27, 2011 at 2:59 PM  

baru tau nih kalau daun ungu punya khasiat nya,,

mksih ya atas info nya smoggaa

mkin sukses aja boss,,,

Phone Sex said... on May 29, 2011 at 7:18 PM  

I would like to thank you for the efforts you have made in your post. I am hoping the same best work from you in the future as well.

Handwriting analyst said... on June 6, 2011 at 11:34 PM  

Usually I do not post comments on blogs, but I would like to say that this blog really forced me to do so! Thanks, for a really nice read.

xamthone plus said... on June 8, 2011 at 10:16 AM  

emz rue thu jg lw daun ungu sangt bermnfat bwt ambeien...
nice info'y....

xamthoneplus said... on June 13, 2011 at 10:21 AM  

saya udah cari kemana kemana tentang daun ungu ini,,
eh akhirnya saya dapet artikel ini..

mksih banyak ya

jelly gamat said... on June 21, 2011 at 10:15 AM  

wahh ternyata banyak sekali ya tanaman yang bisa dijadikan obat...!!!

Obat alami batu ginjal said... on June 23, 2011 at 9:06 AM  

banyak juga ya khasit tanaman ungu itu, tapi ada gak yah yang sudah siap buat di konsumsi gan, heheh

kanker payudara said... on June 23, 2011 at 9:30 AM  

wiss,,, ternyata banyak sekali y manfaat'y...
thanx y atas informasinya...

pengobatan diabetes millitus alami said... on June 23, 2011 at 2:45 PM  

hahaha...saya baru baca....
ambeien'y dah sembuh gan,,laen x mw pke tu ahh...
v mudah2an gx ambeien lagi,, sakit tau,,hihi

obat alami nyeri haid said... on June 25, 2011 at 9:51 AM  

saya baru tau daun nie bisa mengobati ambeien...
makasi y ats informasinya..

obat alternatif said... on June 28, 2011 at 8:21 AM  

emz ternyata banyk sekli ya khasiat tanaman daun ungu,,,
v terkdang tnaman itub ska susah di cari'y

Agen XAMthone plus banjarmasin said... on July 9, 2011 at 2:43 PM  

ternyata banyajk juga yah manfaat daun ungu itu, makasih banyk buat infonya semoga bermanfaat gan

Obat Herbal Insomnia said... on July 9, 2011 at 8:45 PM  

thanks for share..! artikelnya sangat bermanfaat sekali. sukses selalu ya...!

Obat Herbal Maag Kronis said... on July 12, 2011 at 8:47 AM  

terima kasih untuk infonya,sangat berguna sekali..! ikutan share ya..!

poles marmer said... on July 15, 2011 at 12:32 AM  

Adakah yang menjual ekstrak daung ungu dalam bentuk kapsul atau sejenisnya? Di mana saya dapat membelinya?

poles marmer said... on July 15, 2011 at 12:34 AM  

jadi buat para blogger yang suka lama2 duduk depan kompi harus minum rebusan daun ungu dong :)

Obat alami diabbetes mellitus said... on July 19, 2011 at 11:27 AM  

ok juga tuh, ternyata banyak juga yah khasiat daun ungu itu, makasih banyak atas infonya

Agen jelly gamat surabaya said... on July 20, 2011 at 9:31 AM  

daun ungu mantap... khasiatnya..

tpi ada yg lebih mantap lgi khasiatnya gan..
sama" ungu warnanya... ini jus kulit manggis yg multi khasiat...
thanks infonya..

kunjungi juga ya
http://agen-gamat.biz/
http://propolis.acepsuherman.com/
http://obat-jantung-koroner.acepsuherman.biz/
http://obat-kelenjar-getah-bening.acepsuherman.biz/

agen xamthone plus bekasi said... on July 25, 2011 at 11:24 AM  

wih ternyata banyak juga khasiatnya ehmz.....
makasih ats informasinya,,,

Obat alami Kanker Payudara said... on August 3, 2011 at 1:06 PM  

postingan yang sangat bermnfaat sekli nih sob
emz baru tahu juga ternyata daun ungu mempunyai khasiat buat kesehatan...

Obat Herbal Keputihan said... on September 19, 2011 at 11:17 AM  

ternyata banyak sekali yah manfaat daun ungu itu,,
aku malah baru tau tuhm, hehe
makasih banyak atas infonya

Anabolic steroids said... on November 3, 2011 at 6:24 PM  

This is a very helpful post; i hope this really helps me to complete my project.

bangun rumah said... on January 6, 2012 at 7:27 PM  

padahal di kebon sy banyak daun jenis ini..tp sy bru tahu kalo ada manfaatnya yaa...

Anonymous said... on January 15, 2012 at 12:09 PM  

Thanks for sharing such an interesting and informative post.
yazili sorulari

yacht transport said... on January 25, 2012 at 5:30 PM  

This article was extremely interesting, especially because I was looking
for thoughts on this matter last Monday.

salt lamp said... on January 28, 2012 at 9:24 PM  

Good Post and have informational knowledge. I really impresses! I visited this page and found very informative knowledge. This post is showing a good approach on this Topic. I really impressed !
salt lamp

Hosting said... on January 31, 2012 at 1:19 PM  

This post has been very deep and useful to increase my knowledge in the field of knowledge and its various facets. Well, I'm so glad I found this post because I've been looking for some  information.Web Hosting Providers

Betwin188.com Agen Bola Terbaik Dukung Anti Rasisme EURO 2012 said... on March 16, 2012 at 12:13 AM  

wahh mantep ini mas izin BM dulu ya

Seo Tool Info said... on March 16, 2012 at 12:15 AM  

saat ini banyak obat2an yang mengandung sari2 dari tanaman herbal seperti ini

sewa mobil avanza di bandung said... on March 24, 2012 at 7:20 AM  

Tuhan menciptakan ciptaanya begitu banyak faedah dan manfaat, terkadang kita manusia melalaikannya, makasih infonya

Obat Diabetes Mellitus Herbal said... on May 18, 2012 at 1:21 PM  

khasiat yang almi memang selalu aman, dan tanpa efek samping ..:)
setuju seperti halnya dengan khasait alami dari Jelly gamat luxors

Paket Jelly Gamat Dan Spirulina said... on May 18, 2012 at 3:47 PM  

Tuhan menciptakan ciptaanya begitu banyak faedah dan manfaat, terkadang kita manusia melalaikannya, makasih infonya

Jelly Gamat Luxor said... on May 18, 2012 at 3:48 PM  

wah makasih nih kang aku baru tahu sekarang alo daun ini berkhasiat....mampir yah

bobitoro said... on June 27, 2012 at 1:28 AM  

saya sudah membuktikannya, karna saya penderita ambeien dengan 3 benjolan bisa sembuh dalam sebulan rutin mengkonsumsi daun ungu yg kebetulan tetangga saya ada yg punya.
mantap

Obat jantung koroner said... on June 27, 2012 at 10:17 PM  

Sahabat adalah mereka yg membantumu bangkit tuk percaya diri, ketika orang lain berusaha menjatuhkan dan meremehkanmu.

obat asam urat said... on June 28, 2012 at 7:18 PM  

jadi buat para blogger yang suka lama2 duduk depan kompi harus minum rebusan daun ungu dong :)

cara mengatasi ejakulasi dini said... on June 28, 2012 at 7:24 PM  

banyak juga ya khasit tanaman ungu itu, tapi ada gak yah yang sudah siap buat di konsumsi gan, heheh

obat maag said... on June 28, 2012 at 7:26 PM  

hemm....ternyata indonesia itu kaya dengan tumbuhan herbal...
thank's ya gan atas infonya

obat kolesterol said... on June 28, 2012 at 7:28 PM  

wih ternyata banyak juga khasiatnya ehmz.....
makasih ats informasinya,,,

obat sakit pinggang said... on June 28, 2012 at 7:30 PM  

baru tau nih kalau daun ungu punya khasiat nya,,

mksih ya atas info nya smoggaa

mkin sukses aja boss,,,

obat stroke said... on June 28, 2012 at 7:33 PM  

Adakah yang menjual ekstrak daung ungu dalam bentuk kapsul atau sejenisnya? Di mana saya dapat membelinya?

obat kista said... on June 28, 2012 at 7:39 PM  

ok juga tuh, ternyata banyak juga yah khasiat daun ungu itu, makasih banyak atas infonya

obat batu ginjal said... on June 28, 2012 at 7:44 PM  

wih ternyata banyak juga khasiatnya ehmz.....
makasih ats informasinya,,,

obat insomnia said... on June 28, 2012 at 7:48 PM  

wah siiip.... di apotik sragen sudah ada yang menjual daun ungu dalam bentuk bubuk,,, jadi tanpa perlu mencari daun ungu yang sekarang jarang ditemukan

agen xamthone plus bandung said... on June 28, 2012 at 7:48 PM  

keren bangett,..... infonya mantepp banget....
membantu saya yang lagi nyari pencerahan.

obat diabetes said... on July 8, 2012 at 1:47 PM  

Prof dr H Sardjono Oerip Santoso dari Farmakologi FKUI banayk banget nie gelarnya

obat jerawat said... on July 8, 2012 at 1:49 PM  

drg Endang Wahyuningtyas MS SpPros dari Jurusan Ilmu Prostodonsia Fakultas Kedokteran Gigi UGM
Sudah meninggal kayaknya orang ini

obat asam urat said... on July 8, 2012 at 1:50 PM  

Daun ungu ternyata mengandung berjuta manfaat.
daunya warna unggu?

free sms said... on July 9, 2012 at 2:27 PM  

There is a long list of websites that give you an option to send free SMS. All you need to do is create your account on any free SMS website of your choice by giving some basic details, such as your name, your phone number, email id and your city, and you are ready to send SMS for no cost. Due to their cost-effective style of working, these websites have become quite famous in India and globally.

obat herbal ace maxs said... on July 25, 2012 at 2:08 PM  

wah luar biasa sekali khasiat darui tanaman yang satu ini, makasih banyak infonya..

skripsi informatika said... on July 31, 2012 at 9:45 AM  

ooo gtu ya,,, saya juga punya tanaman itu di rmah,,
maksih ya sudah berbagi ilmu

free sms said... on September 7, 2012 at 1:08 PM  

Stay connected to your loved ones with free sms services brought to you by YouMint.com. No need to make phone calls while you have free sms services at your fingertips. Send her Free Love SMS and enjoy texting all the day long. Have fun!

Post a Comment

"Using DOFOLLOW System. Pease don`t SPAM!!!"

Thanks To Comment My Articles. God Bless You People.

Add to Technorati Favorites

Technorati Ping To Your Blog
Including Yours E-Mail Address To Subscribe New Tricks