Khasiat Tanaman Herbal Sirih Merah

Khasiat Tanaman Herbal Sirih Merah

S irih Merah selain cantik sebagai tanaman yang eksotik juga bermanfaat sebagai tanaman yang "ampuh" dan berkhasiat mengobati beberapa penyakit seperti : DIABETES, KANKER, ASAM URAT, HIPERTENSI, GURAH KEWANITAAN, LIVER, AMBEIEN, PERADANGAN ORGAN TUBUH, dll. Tumbuhan merambat ini dijumpai di halaman rumah. Sirih (Piper betle L atau Chavica aurculata Miq) memang mudah ditanam. Cukup dengan menggunakan stek dan diberi cukup air, tanaman ini bisa tumbuh baik di tempat panas maupun di tempat yang terlindung. Ada beberapa jenis sirih yang dikenal di masyarakat. Misalnya, sirih jawa (daun lebih lembut, kurang tajam, hijau rumput), sirih belanda (daun besar, hijau tuam rasa dan bau tajam dan pedas), sirih cengkeh (kecil, daun kuning, rasa seperti cengkeh), sirih kuning, dan sirih hitam. Sirih sangat kaya dengan kandungan zat berkhasiat. Di antaranya, minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylpyrokatekol, cyneole, caryophyllene, cadinene, estragol, terpennena, seskuiterpena, fenil propana, tanin, diastase, gula, dan pati. Efek zat aktif yang dikandung seluruh bagian tanaman sirih adalah merangsang syaraf pusat, merangsang daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltik, merangsang kejang, meredakan sifat mendengkur.

Daun sirih memiliki efek mencegah ejakulasi prematur, mematikan jamur Candida albicans, anti kejang, analgesik, anestetik, pereda kejang pada otot polos, penekan pengendali gerak, mengurangi sekresi cairan pada liang vagina, penekan kekebalan tubuh, pelindung hati, dan antidiare. Tanaman sirih juga diketahui bisa mengatasi batuk, bronchitis, menghilangkan bau badan, mengobati luka bakar, mimisan, bisul, mata gatal dan merah, koreng dan gatal-gatal, menghentikan pendarahan gusi, sariawan, menghilangkan bau mulut, jerawat, keputihan, dan mengurangi produksi air susu ibu yang berlebihan. Untuk obat batuk, sebanyak 15 lembar daun sirih direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 3/4-nya, minum dengan madu. Obat bronchitis, sebanyak tujuh lembar daun sirih dan gula batu satu potong direbus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas, minum sehari 3 X 1/3 gelas. Menghilangkan bau badan, lima lembar daun sirih direbus dengan dua gelas air hingga menjadi satu gelas, minum siang hari. Obat luka bakar, daun segar diperas airnya, ditambah sedikit madu, bubuhkan di tempat yang luka bakar. Mimisan, daun agak muda satu lembar dilumatkan, digulung untuk menyumbat hidung berdarah. Bisul, daun sirih secukupnya dicuci bersih, digiling menjadi halus, dioleskan pada bisul dan sekelilingnya, dibalut. Sehari diganti dua kali. Mengatasi mata gatal dan merah, lima sampai enam lembar daun direbus dengan satu gelas air sampai mendidih. Setelah dingin untuk cuci mata dengan memakai gelas air sampai mendidih. Setelah dingin untuk cuci mata dengan memakai gelas cuci mata. Sehari tiga kali sampai sembuh. Untuk koreng dan gatal-gatal, sebanyak 20 lembar direbus, saat hangat dipakai untuk cuci. Menghentikan pendarahan gusi, daun empat lembar direbus dengan dua gelas air, dipakai untuk kumur. Obat sariawan, daun sirih segar sebanyak satu sampai dua lembar dibersihkan, dikunyah sampai lumat, ampasnya dibuang. Untuk menghilangkan bau mulut, sebanyak dua sampai empat lembar daun diremas, lalu diseduh, dipakai untuk kumur. Obat jerawat, tujuh sampai 10 lembar daun sirih ditumbuk sampai halus, kemudian diseduh dengan dua gelas air panas. Airnya dipakai untuk mencuci muka yang berjerawat. Sehari dilakukan dua sampai tiga kali. Obat keputihan, sebanyak 10 lembar daun direbus dengan 2,5 liter air, hangat-hangat dipakai untuk mencuci liang kemaluan. Untuk mengurangi produksi ASI yang berlebihan, beberapa lembar daun sirih diolesi minyak kelapa, hangatkan di atas api hingga menjadi layu, hangat-hangat tempelkan di seputar payudara yang bengkak.


Source : http://dhuwuh.blogspot.com/2009/01/khasiat-tanaman-herbal-sirih-merah.html



Related Posts by Categories :


396 comments:

Lyla said... on January 18, 2009 at 10:24 AM  

aku pernah minum sirih malah tenggorokanku sakit kyknya gak cocok deh...

sETiawAn said... on January 19, 2009 at 4:27 PM  

@Lyla : lihat kebutuhannya dahulu dan pengolahannya mbak, 1 lembar direbus dalam 3 gelas air sampai menjadi 1 gelas, dan diminum (1 gelas menjadi 3 x sehari) pagi=1/3 siang=1/3 sore=1/3 dilakukan selama 3 hari ber-turut2 sebagai dosis pengenalan dahulu, kemudian hari ke-4 s/d ke-N dosis penyembuhan sampai dirasa cukup.

wisata seo sadau said... on June 27, 2009 at 4:24 AM  

Kalo khasiat bayam merah ada gak mas? konon tanaman ini bagus juga buat kesehatan

Deddy said... on July 7, 2009 at 11:19 AM  

bisa ga, daun sirih merah yang dikeringkan dulu baru direbus untuk diminum?

Online Business Guide said... on January 22, 2010 at 1:08 PM  

daun sirih memang banyak manfaatnya,sirih biasa juga udah banyak manfaatnya utk kesehatan apalagi sirih merah ini. thanks sharingnya

Gudang Hikmah said... on January 22, 2010 at 1:10 PM  

sirih merah ini masih jarang ya ditemui,agak langka gitu. harganya juga lumayan mahal katanya

Narutopedia Manga Chapter - Full Preview Naruto Series said... on February 26, 2010 at 9:28 AM  

Read Online Manga Naruto complete series along with updated chapters each week and downloaded freely to determine the plot of the exciting

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja said... on March 4, 2010 at 3:45 AM  

Exclusive Encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, handseal, jinchuriki, bijuu, akatsuki, hidden village, clan, and other shinobi skills

Alexander Ibrahim said... on April 21, 2010 at 2:12 PM  

Ternyata daun sirih merah lebih banyak manfaatnya, aku baru tau nech. Thanks infonya bang.

notebook centre said... on June 26, 2010 at 4:17 PM  

kita memang sudah seharusnya menggunakan bahan bahan herbal alami karena efek bahayanya sangat sedikit daripada obat obatan kimiawi, lepaskan ketergantungan terhadap obat kimia yang semakin maHAL

english indonesia dictionary said... on September 11, 2010 at 8:58 AM  

Saya baru tahu ternyata Daun Sirih punya banyak manfaat. Saya akan coba tips-tips di atas.

ogahrugi said... on September 28, 2010 at 11:21 AM  

sirih merah emang bwt obat tapi sirih merah rada susah buat ditemuin..

teh sirih merah said... on December 23, 2010 at 3:04 PM  

hi sekarang ada dalam bentuk ekstrak dan teh loh...cek aja di www.TehSirihMerah.com...mas dhuwuh link nya udah aku pasang di web ku....tukeran y...makasih

sinopsis heart 2 heart said... on January 9, 2011 at 2:31 AM  

terima kasih, ternyata daun sirih ini menyembuhkan penyakit batuk dan bronhitis

jally gamat said... on January 17, 2011 at 1:38 PM  

wah mantap ea khasiatnya,
terima kasih ghan buat infonya lngsung aja ke tkp

Pengobatan Alternatif said... on January 24, 2011 at 1:02 PM  

sirih merah memang memiliki khasiat segudang dan terkenal manfaatnya dalam pengobatan alternatif. ice info mas.

Investasi Bisnis Usaha said... on February 6, 2011 at 8:05 PM  

Ditempatku daun tersebut harganya mahal, sampai 5000rp per lembar daunnya. Ternyata khasiatnya hebat.

xamthone plus said... on March 2, 2011 at 9:02 AM  

wah ternyata tanaman sirih merah banyak juga ya gan manfaat nya,
makasih gan buat infonya , salam kenal aja gan

jantung koroner said... on March 24, 2011 at 10:47 AM  

makasih gan buat infonya , aku baru tau gan kalo tanaman sirih itu banyak manfaat nya,,makasih ya gan

penyakit asam urat said... on April 4, 2011 at 9:15 AM  

banyak juga ya manfaat nya, sangat di butuh kan nih informasiny maksih gan buat infonya, salam kenal aja gan

obat asam urat said... on April 6, 2011 at 11:01 AM  

mantap sekali nih informasinya sangat bermanfaat sekali gan , makasih buat informasinya

obat kanker prostat said... on April 20, 2011 at 7:52 AM  

wah banyak juga ya khasiatnya, makasih banyak buat infonya salam kenal aja gan

cell phone monitoring said... on April 25, 2011 at 3:15 AM  

very useful information, i have used google translator to read the post :)

obat alami asam urat said... on April 26, 2011 at 7:35 AM  

wah ternyata banyak juga yah manfaat nya , sangat bermanfaat sekali gan salam kenal aja gan

audrey cinnamon lingerie said... on April 29, 2011 at 1:06 PM  

memang sirih termasuk tanaman paling bagus sebagai antiseptik..baik untuk masalah kulit atau pembunuh bakteri..
Bagus mas sharingnya..

mobile phone tracking said... on May 1, 2011 at 2:40 AM  

i like the blog and use google translator while reading any post that is not in English, good to be here

XAMthone plus said... on May 9, 2011 at 7:36 AM  

ternyata banyak juga yah manfaat nya, makasih banyak ya gan but infonya , semoga bermanfaat

obat jantung koroner said... on May 12, 2011 at 7:25 AM  

di kampung saya banyak sekali tuh gan tanaman sirih itu, tapi saya belum tau khasiatnya sangat ampuh sekali, makasih banyak buat infonya

jelly gamat said... on May 26, 2011 at 7:32 AM  

wah ternyata khasiiatnya banyak juga yah, makasih banyak nih buat infonya

obatherbal said... on May 30, 2011 at 8:51 AM  

ternyata obat itu sekarang kembali ke alami, agar tidak ada efek samping

Handwriting analysis said... on June 6, 2011 at 11:32 PM  

Excellent read, I just passed this onto a colleague who was doing a little research on this topic.

xamthone plus said... on June 8, 2011 at 10:31 AM  

emz jadi nambah ilmu lg nih,,
banyak jg ya khasiat tanaman sirih merah itu..

xamthoneplus said... on June 13, 2011 at 10:20 AM  

oh jadi sirih merah juga punya khasiat nya ya?

kiraiin sirih yg hijau aja yg punya khasiat..

mksih buat info nya

obat penyakit tipes said... on June 21, 2011 at 10:12 AM  

Wahh klo gitu boleh dicoba dong,,,
sipp dech info yang sangat bermanfaat..

Obat nyeri haid said... on June 22, 2011 at 10:02 AM  

tanaman sirih banyak juga yah manfaat ya, tapi kalo buat memperkencang keprawanan bisa gak nih

obat alami wasir said... on June 23, 2011 at 8:53 AM  

mudah di tanam dan kaya manfaat.
jadi pengen ikut nanam juga nih :)

obat liver empedu said... on June 23, 2011 at 9:46 AM  

wiss saya baru tau tanaman sirih banyak manfaatnya....
sama donk sama manggis,, coba kunjungi balik

xamthoneplus said... on June 23, 2011 at 10:48 AM  

tapi untuk mencari sirih merah..
agak susah boss..
kmna saya haru mencari ?

Jelly Gamat said... on July 9, 2011 at 7:58 AM  

kalau sirih merah,aku pernah meminumnya..! bagus banget untuk segala penyakit..!

Obat herbal Asam Urat said... on July 26, 2011 at 3:15 PM  

ternyata tanaman sirih merah itu banyak juga yah manfaat nya, makasih banyak atas infonya

buy xanax online said... on August 11, 2011 at 3:36 AM  

Hi buddy, your blog's design is simple and clean and i like it. Your blog posts are superb. Please keep them coming. Greets!!!

Anonymous said... on August 17, 2011 at 12:59 PM  

mau nanya emang dalam sirih merah itu ada kandungan apa saja sehingga dapat mengobati penyakit2seperti di atas?
trus apa sudah dilakukan penelitian?

maaf banyak nanya sooalnya buat bahan karya tulis
trims!!

4d ultrasounds said... on September 26, 2011 at 2:06 PM  

This post is probably where I got the most useful information for my research. Thanks for posting, maybe we can see more on this. Are you aware of any other websites on this subject… Regards

Anonymous said... on October 2, 2011 at 3:31 AM  

saya mengalami tbc tulang-paru2x sellu terapi untuk menjaga saja walu saya sdh sembuh kadang rasa sakit masih ada kalu sedang perjalan naik motr kerja saya ambil 3 daun sirih direndam air mendidih .pagi rasa sakit paru2x sblah kana tidak dirasakan ..kalu say merasa saja saya meminumnya sebab tanan sirih merah selalu tinggal batangnya temen tidak usah ragu dengan sirih merah..conselling di 70059003

khasiat daun sirih said... on October 6, 2011 at 9:30 PM  

Memang top khasiat daun sirih.
keep sharing gan, nice banget infonya..

inspired magz said... on October 16, 2011 at 12:29 AM  

is it true when we chew the "sirih", it will help to protect our tooth? my grandma told it to me when I ask her why she chew the "sirih".

free joomla tutorial said... on October 20, 2011 at 2:47 PM  

Blogwalking malah menemukan informasi Tentang Tanaman herbal sirih merah. Saya punya banyak di rumah tuh tanamananya

Fresh Design said... on October 20, 2011 at 2:50 PM  

Informasi tentang daun sirih memiliki efek mencegah ejakulasi prematur, mematikan jamur Candida albicans, anti kejang, analgesik, anestetik, pereda kejang pada otot polos, penekan pengendali gerak, mengurangi sekresi cairan pada liang vagina, penekan kekebalan tubuh, pelindung hati, dan antidiare saya dapat waktu kuliah dulu.

abusive relationships said... on October 30, 2011 at 12:15 AM  

KESAKSIAN..

bahwasanya, saya sudah membuktikan keampuhan tanaman herbal yang satu ini..

SEKIAN :D

Cubynet said... on November 11, 2011 at 7:49 PM  

ternyata banyak sekali manfaat daun sirih merah.bronkitis ternyata juga bisa di sembuhkan

doctor ratings and reviews said... on November 14, 2011 at 6:29 PM  

It’s really a nice and helpful piece of information. I’m glad that you shared this helpful info with us. Please keep us informed like this. Thanks for sharing.

organic supplements said... on December 13, 2011 at 6:57 PM  

Excellent article that will provide the incentive and basis for my works. I wonder if I can mention the article as a bibliographic reference in my work. Thanks!

Classified Ads Tamil Nadu said... on December 14, 2011 at 3:12 AM  

Happy to see your blog as it is just what I’ve looking for and excited to read all the posts. I am looking forward to another great article from you.

Buy facebook fans said... on December 20, 2011 at 3:07 PM  

I was going through a big loss in my online business but since I purchased facebook fans and likes from www.fanbullet.com I saw a huge traffic to my website. They have given 100% real facebook likes and some of them are my customers now.

Classified Ads Andhra Manipur said... on December 23, 2011 at 2:45 AM  

As usual i am searching some useful information, immediately i found this post and gain some useful information great work such a great brain to use.

Classified Ads Haryana said... on December 31, 2011 at 5:51 AM  

This is such a terrific and useful topic that you’re shared with. I’m satisfied by the way you brought out ideas. Thanks for sharing.

Obat Asam Urat Herbal said... on January 4, 2012 at 1:02 PM  

gak saya sangka sirih punya banyak manfaat seperti yg agan tulis,,hemmh,,yg saya tahu cuman buat obat gatel ,,heheh,,,terima kasih gan atas infonya

depression and anxiety said... on January 13, 2012 at 2:03 AM  

Your information will be very useful for me. I can see that you are an expert in this area. Thanks for all your help.

Chicago historic home renovation said... on January 14, 2012 at 2:29 PM  

that is some compelling information youve got going! Makes me scratch my head and think. Keep up the good writing!.

Anonymous said... on January 15, 2012 at 12:09 PM  

Thanks for sharing such an interesting and informative post.
yazili sorulari

obat herbal keputihan said... on January 18, 2012 at 1:46 PM  

kebetulan sekali nih gan ane lagi nyari nyari info tentang manfaat daun sirih. thanks nih infonya. salam kenal ya.

Agen XAMthone bogor said... on January 18, 2012 at 1:49 PM  

saya sering melihat orang mengunyah kinah itu sebenernya manfaatnya gimana sih gan?

obat herbal penyakit gondok/gondongan said... on January 18, 2012 at 1:53 PM  

marilah kita kembali ke pengobatan herbal natural karena lebih aman tanpa adanya efek samping.

obat herbal insomnia said... on January 18, 2012 at 1:56 PM  

cara menggunakan daun sirih buat gurah itu gimana gan? mohon penjelasanya.

Baju Gamis said... on January 20, 2012 at 11:03 PM  

Memang betul, daun ini banyak khasiatnya. ini di buktikan di kampung2 yang banyak memakai daun ini untuk obat obatan

Medical Forum said... on January 22, 2012 at 8:41 PM  

Superb article ,I really appreciated with it, This is fine to read and valuable pro potential, I really bookmark it, pro broaden read. Appreciation pro sharing. I like it

Fire pits said... on January 24, 2012 at 9:44 PM  

Just want to say your blog is kinda awesome. I always like to hear something new about this because I have the similar blog in my Country on this subject so this help′s me a lot. I did a search on the issue and found a good number of blogs but nothing like this.Thanks for sharing so much in your blog.

Fire pit said... on January 25, 2012 at 9:13 PM  

We have learned a great deal as we listened to the concerns and desires of our clients as they begin to learn about the marketing industry.

Hosting said... on February 2, 2012 at 1:44 PM  

This is what I have been searching in many websites and I finally found it here. Amazing article. I am so impressed. Could never think of such a thing is possible with it...I think you have a great  knowledge especially while dealings with such subjects.Website Hosting Companies

aqurium games said... on February 26, 2012 at 10:26 PM  

You can take great credit for publishing about this.Theres a heap of important info on the internet.Youve got a lot of that info here on your site.Im impressed I try to keep a couple blogs fairly up-to-date,but it can be difficult every now and then.You have done a fantastic job with this one.How do you do it? aquarium games

pisang raja said... on April 19, 2012 at 7:40 AM  

sebelumnya sy belum tau manfaat herbal dari sirih merah...ternyata seperti ini ya......thanks lah

Kebaya Pengantin Kebaya Pesta Baju Pengantin Pesta Modern & Tradisional By KebayaPengantinValentino.com said... on May 15, 2012 at 3:49 AM  

jadi g2 ya kasiat sirih merah, dulu saya tanam tetapi gk tau banyak kasiatnya jadi gk di rawat dan mati.
thanks.
di tunggu kunjunganya.

cara menghilangkan komedo said... on June 4, 2012 at 8:48 AM  

keliling keliling di dunia maya,eee gak taunya dapetin ilmu baru dari postingan agan ini,sangat bermanfaat artikelnya,semoga selalu update artikel artikel yang baru thanks.

pengobatan asam urat alami said... on June 6, 2012 at 7:23 AM  

katanya daun sirih juga bisa mengoobati sakit peradangan pda mata??????

Grosir Jilbab Murah said... on June 11, 2012 at 12:00 AM  

Obat tradisional sudah lama dipakai oleh nenek moyang bangsa indonesia dan itu sudah menjadi bukti bahwa obat tradisional memang berkhasiat..!

obat kanker usus said... on June 13, 2012 at 10:14 AM  

info nya berguna gan.... khasiat nya sangat bermnafaat juga ya hihihihi L:D

Dedi said... on June 14, 2012 at 10:15 PM  

Emang sirih terbagi beberapa jenis ya, seperti yg berwarna merah.
Setau saya daun sirih itu hijau, terus kalau dimakan "nyirih" sm nenek, jadinya merah.

perkenalkan gan, aku masih newbie.
pernah juga buat artikel tentang manfaat tanaman kunyit. tapi kyknya ga keluar di google

Azzam said... on June 14, 2012 at 10:22 PM  

Aku juga termasuk yang suka makan obat-obatan alami. Misalnya kalau malaria aku kambuh, aku minum rebusan daun pepaya. Kalau minum pil dr dokter jarang bgt. Aku sih lebih tertarik sm obat tumbuhan buatan tuhan langsung orisil

Putri said... on June 14, 2012 at 10:28 PM  

daun sirih itu emang selalu ada di setiap rumah. Maklum di desa itu isi rumah banyakan bahan alami dibanding hasil olahan pabrik

obat jantung koroner said... on June 28, 2012 at 7:53 PM  

tapi untuk mencari sirih merah..
agak susah boss..
kmna saya haru mencari ?

obat herbal kanker prostat said... on June 28, 2012 at 7:54 PM  

emz jadi nambah ilmu lg nih,,
banyak jg ya khasiat tanaman sirih merah itu..

obat darah rendah said... on June 28, 2012 at 7:56 PM  

ternyata banyak sekali manfaat daun sirih merah.bronkitis ternyata juga bisa di sembuhkan

obat jerawat said... on June 28, 2012 at 7:59 PM  

tanaman sirih banyak juga yah manfaat ya, tapi kalo buat memperkencang keprawanan bisa gak nih

obat kolesterol said... on June 28, 2012 at 8:10 PM  

I was going through a big loss in my online business but since I purchased facebook fans and likes from www.fanbullet.com I saw a huge traffic to my website. They have given 100% real facebook likes and some of them are my customers now.

obat sakit pinggang said... on June 28, 2012 at 8:13 PM  

Memang betul, daun ini banyak khasiatnya. ini di buktikan di kampung2 yang banyak memakai daun ini untuk obat obatan

obat kanker said... on June 28, 2012 at 8:18 PM  

sirih merah memang memiliki khasiat segudang dan terkenal manfaatnya dalam pengobatan alternatif. nice info mas.

obat diabetes said... on July 8, 2012 at 2:34 PM  

Kalo khasiat bayam merah ada gak mas? konon tanaman ini bagus juga buat kesehatan

obat keputihan said... on July 8, 2012 at 2:37 PM  

Daun sirih memiliki efek mencegah ejakulasi prematur,samakha sama ejakulasi dini?

obat diabetes said... on July 11, 2012 at 9:53 AM  

bisa ga, daun sirih merah yang dikeringkan dulu baru direbus untuk diminum?

obat keputihan said... on July 11, 2012 at 9:54 AM  

sirih merah ini masih jarang ya ditemui,agak langka gitu. harganya juga lumayan mahal katanya

Post a Comment

"Using DOFOLLOW System. Pease don`t SPAM!!!"

Thanks To Comment My Articles. God Bless You People.

Add to Technorati Favorites

Technorati Ping To Your Blog
Including Yours E-Mail Address To Subscribe New Tricks